Marketing Mix-Price

Pada perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dibimbing oleh dosen Bapak Amril Muhammad, SE, M.Pd,  ( Jakarta, 11/05/2011) membahas lanjutan dari materi  Marketing Mix yaitu Price. Price atau Harga yaitu sejumlah uang yang bisa ditukarkan untuk sebuah produk atau jasa atau sejumlah nilai yang dapat ditukarkan pelanggan untuk mendapatkan manfaat atau menggunakan produk itu.

Ada dua faktor untuk menetapkan sebuah harga atau price, Faktor Internal dan Faktor Eksternal.

1. Faktor Internal

a. Cost ( Harga Pokok Produksi),

b. Marketing Objectives yakni tujuan dari pemasaran yang dilakukan, seperti :

1.) Peninjauan untuk survival atau biasa disebut potongan harga,

2.) Current Profit Max,

3.) Market Share Leadership,

4.) Product Quality Leadership.

Marketing Mix Strategy adalah menentukan harga dengan cara berbeda-beda dengan tempat lain karena ada beberapa faktor yaitu Place lokasi suatu wilayah, Product yang berkaitan dengan kemasan, Promotion, berkaitan dengan cara bagaimana mempromosikan produk

Forganization Consideration dalam menentukan sebuah harga yang berkaitan dengan sumber daya manusia, teknologi, coverage, dan unit produksi.

2. Faktor Eksternal,

Marketing dan Demandartinya hal-hal yang mempengaruhi  kegiatan penawaran dan permintaan terhadap suatu barang atau jasa, dalam proses marketing ataupun pemasaran,

Ada 3 cara dalam penentuan harga di dalam proses pemasaran, yaitu :

(a) Pure Competion, artinya dalam kegiatan perdagangan, pedagang   menentukan  harga secara sehat, artinya pedagang bebas menentukan harga sesuai keinginannya.

(b) Monopolistik, artinya kegiatan perdagangan terjadi dalam situasi yang tidak sehat, dimana ada seorang pedagang yang mengatur kegiatan penentuan harga dipasaran, hal ini dapat terjadi karena  stock dari barang sedikit.

(c) Oligarki, merupakan kegiatan penentuan harga yang dilakukan setelah adanya keputusan secara bersama dari kelompok. Contoh : KUD.

Faktor yang kedua adalah Competitor/ Pesaing, artinya untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan, sebagai pedagang harus memiliki strategi dan program khusus, seperti pemberian diskon, peningkatan pelayanan dan kegiatan peningkatan mutu lainnya. Faktor yang ketiga disebut eksternal faktor, meliputi transportasi, kondisi sosial, ekonomi, politik dan hukum.

Selain faktor internal dan eksternal yang telah diuraikan diatas, ada juga yang disebut Pricing Decision, artinya penentuan harga didasarkan terhadap suatu hal,

(a) Cost Based Pricing, artinya penentuan harga didasarkan terhadap biaya yang telah dikeluarkan,

(b) Value Based Pricing, artinya penentuan harga ditetapkan terhadap konsumen yang memakai, apakah kalangan menengah ke atas atau ke bawah,

(c) Competition Based Pricing, penentuan harga yang dilakukan untuk menciptakan situasi yang kompetitif, artinya harga ditentukan berdasarkan harga dipasaran.

Dalam menentukan harga ada strategi yang dilakukan seperti :

(a)  Pemberian diskon,

(b)  Menentukan harga sesuai kondisi pemasaran,

(c) Psychological pricing, artinya harga yang ditetapkan akan mempengaruhi

psikologis   konsumen,

(d) Menentukan harga promosi,

(e) Menentukan harga berdasarkan letak geografis,

(f) Penentuan harga berdasarkan standar harga internasional.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s