Marketing Mix-Distribution Channel

Pada perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dibimbing oleh dosen Bapak Amril Muhammad, SE, M.Pd,  ( Jakarta, 13/05/2011) membahas lanjutan materi tentang Marketing Mix yaitu yang pertama Distribution Channel, artinya saluran atau cara dalam penyampaian pengantaran suatu produk dari produsen kepada konsumen.

Dalam hal ini ada bebarapa cara untuk menyampaikan barang produk sampai ke konsumen, yaitu :

(a) Distribusi Langsung, artinya penyampaian barang langsung ke tangan konsumen. Konsumen membeli produk langsung ke produsen barang tersebut seperti membeli di toko milik sendiri atau outlet yang terdapat disuatu tempat seperti Mall. Contohnya : Breadtalk, Roti Boy, dll.

(b) Distribusi Perantara, artinya penyampaian barang melalui agen atau menitipkan barang ke toko-toko, warung,  supermarket, dan department store. Seperti melalui Carefour, Giant, Hypermart, Matahari, dll.

(c) Hybrid, artinya penyampaian suatu barang yang dilakukan melalui agen dan secara mandiri dalam arti mempunyai tempat tersendiri dalam perdagangan,

(d) Tele Marketing, yaitu penjualan yang dilakukan menggunakan media telekomunikasi. Melalui Handphone.

(e) E-comerce, artinya penjualan tersebut dilakukan melalui internet, seperti http://www.TokoBagus.com

(f) MLM, artinya penjulan yang dilakukan secara berkelompok dan terorganisir. Seperti CNI, Oriflame, dll.

Tujuan dilakukan Distribusi Channel agar konsumen memperoleh barang dengan mudah. Alasan kenapa produsen memilih barang atau sebuah produk yaitu karena

1.) Efesiensi Barangnya artinya barang yang dibeli tersebut terhitung lebih murah dan hemat.

2.) Fokus pada Produksi  memproduksi jenis barang secara spesifik terhadap satu jenis contohnya produk aqua hanya untuk air minum saja.

3.) SDM juga mempengaruhi minat dari konsumen artinya tenaga ahli dalam memproduksi barang juga diperhitungkan, contohnya ; dalam produksi shampo sunslik melibatkan banyak pakar rambut, hal ini membuat kepercayaan masyarakat semakain besar.

4.) Faktor Geografis menjadi alasan kenapa konsumen memilih barang karena kebutuhan masyarakat berbeda-beda disetiap daerah, contonhya : Konsumen yang berada di daerah pegunungan lebih cenderung senang membeli pakaian dengan bahan yang tebal dibandingkan dengan yang berada dipesisir mereka lebih senang memilih pakaian yang fberbahan tipis.

5.) Jenis Barang Berdasarkan Daya Tahan  menjadi alasan bagi konsumen untuk memilih suatu barang karena konsumen memilih atau menyukai barang yang awet dan tahan lama

6.) Harga Barang bagi konsumen penting dalam memilih suatu barang tidak mungkin seorang pembeli mau membeli produk yang tidak bagus dengan harga yang mahal.

Marketing Communication yaitu Advertising/ Periklanan yaitu menginformasikan barang yang sifatnya tidak langsung bertemu dengan konsumen dengan melalui berbagai media lainnya baik cetak ( Spanduk, Pamflet, Reklame, Brosur, dsb.), visual, audio visual ( Televisi ) , dan audio ( Contohnya : Radio ).

Personal Selling artinya perkenalan barang secara face to face, Sales Promotion maksudnya promosi penjualan dimana konsumen memperoleh bonus tertentu dengan syarat yang sudah ditetapkan,

Public Relation yaitu upaya membangun hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan bertujuan untuk membentuk pandangan positif serta untuk mengatasi maupun menjawab apabila terjadi rumors yang kurang baik di mata masyarakat mengenai perusahaan itu.

Dalam memilih cara-cara pemasaran tersebut diatas maka terlebih dahulu kita menentukan target Audience yang jelas artinya bahwa pasar yang menjadi target konsumen sudah jelas, Selanjutnya Content atau isi dari produk tersebut, Media artinya sarana dalam memperkenalkan barang ke konsumen sudah bagus, efektif dan efisien. Model dalam arti orang yang dipakai untuk mengiklankan barang mendukung atau sesuai dengan produk (contoh : Iklan sabun Lux menggunakan artis Atiqah Hasiholan yang memiliki wajah yang cantik, tinggi semampai dan kulit yang putih dan mulus).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s