Marketing Mix

Pada perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dibimbing oleh dosen Bapak Amril Muhammad, SE, M.Pd,  ( Jakarta, 20/04/2011) menjelaskan mengenai marketing mix. Berbicara tentang marketing atau manajemen pemasaran maka kita berbicara mengenai product, place, dan promotion 

  1. 1.      Product yang akan di jual, apa yang akan kita buat serta bagaimana cara membuatnya dan untuk siapa barang tersebut dijual.
  2. 2.      Place (tempat)  yang terkait dengan distribusi bagaimana cara konsumen memperoleh produk.
  3. 3.      Promotion (pemasaran usaha) yang terkait dengan (attention, accussion, function, satisfied, prepotion).

Produk, Pembagian produk berdasarkan subjek pemakainya :

  1. 1.      Consumer product yaitu produk yang digunakan konsumen untuk penggunaan pribadi yang dibeli hanya untuk kebutuhannya sendiri.
  2. Industrial product maksudnya adalah seseorang membeli barang tersebut untuk diolah kembali untuk dijual kembali.

Didalam produk terdapat pembagian menurut alasan pembelian suatu produk, yaitu :

  1. 1.      Converence, yaitu seseorang yang melakukan pembelian itu dilakukan lagi berulang-ulang.
  2. 2.      Shopping Product, Seseorang akan membeli suatu produk, tetapi terlebih dahulu membanding-bandingkan dengan produk lain. Baik segi kualitas maupun harga.
  3. 3.      Specialy Product, Seseorang membeli produk yang unik dan tampil lebih menarik juga bergengsi tapi tanpa belum mengetahui daya tahan barang tersebut tanpa apakah barang tersebut  dapat bertahan lama atau tidak.
  4. 4.      Unsought Produk Seseorang yang  membeli suatu barang tetapi ia tidak melihat apa manfaat dan kegunaan barang yang dia beli itu.  Seseorang terbawa suasana  untuk membeli barang tersebut.

Seseorang membeli suatu barang  melihat sisi :

  1. Quality sesuai dengan fungsinya juga daya tahan produk tersebut,
  2. Reability kehandalan produk yang dibeli,
  3. Presisi produk mempunyai nilai kepuasaan dalam pemakaiannya misalnya mudah dipakai, bentuknya bagus, dan dilengkapi dengan petunjuk kegunaannya.

Consumer juga harus memperhatikan Produk Atrributs, Brand, Packaging/kemasan, Produk Support.

  1. 1.      Produk attributs di tahap ini ada feature (macam), desain (model), kualitas (fungsi).
  2. 2.      Brand Jati diri suatu produk seperti simbol (gambar-gambar / lambang), serta theme song produk.  Brand dibagi menjadi tujuh bagian :
    1. 1.      Brand Equity  ini berkaitan dengan  nilai jadi jika melihat produk sudah terihat kualitasnya, merk dagang, serta channel relantionship/ jaringan hubungan.
    2. 2.      Brand Name Selection ini adalah pemilihan dari merk yang akan dipakai pada suatu produk, pemilihan nama dilakukan untuk meningkatakan daya jual dari produk yang dipasarkan.
    3. 3.      Brand Sponsor adalah suatu nama perusahaan ataupun merk yang sudah dikenal contohnya pemakaian Brand “Danone” pada produk “Aqua”.
    4. 4.      Co Brand merupakan gabungan daridua atau lebih merk menjadi satu, contohnya  semen “Holcim” yang merupakan gabungan dari beberapa  merek semen yang ada di Indonesia.
    5. 5.      Brand Strategy merupakan cara-cara pengenalan atau penginovasian dari produk yang kita punya, contohnya pada produk indomie yang merubah kemasan dan variasi rasanya
    6. 6.      Brand Extention merupakan modivikasi dari suatu prduk, misalnya dari produk Pepsodent produk ini mengeluarkan banyak varisi dari sikat gigi, pasta gigi, hingga mouthwash Garuda Food mengeluarkan banyak variasi juga dimulai dari kacang hingga wafer.
    7. 7.      Multi Branding maksudnya adalah satu merk dengan barang yang berbeda, contohnya produk “Apple” yang memproduksi  Ponsel, Laptop, Dekstop atau PC, IPod, IPad.
  3. 3.      Packaging maksudnya aktivitas mendesain/memproduk dan pengepakan serta labelling contohnya pada produk Ultramilk menggunakan kemasan dari Tetrapack yang praktis dan ramah lingkungan
  4. 4.      Produk Support maksudnya pelayanan yang diberikan produsen pada konsumen contohnya dengan memberikan contact number ataupun customer service pada kemasan produk tersebut.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s