Manajemen Pemasaran

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Surita Arifani MP Reg 09 ( 1445091745)

Dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Pendidikan (Rabu, 23/02 /20011) menjelaskan konsep-konsep dasar manajemen pemasaran yang sangat berhubungan erat kaitannya dengan Jasa dan produk. Dijelaskan pengetian jasa  yaitu pelayanan yang tidak terlihat ( intangible ). Jasa tidak berbentuk fisik tetapi bisa dirasakan manfaatnya. Jasa dibuat ketika transaksi terjadi. Karakteristik jasa yaitu harus didukung fasilitas yang memadai, sehingga jasa yang diberikan dapat memuaskan konsumen karena kepuasan konsumen diatas segala-galanya.  Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diambil, digunakan atau dikonsumsi yang bisa memuaskan kebutuhan , mencangkup objek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dan ide/gagasan. Setelah jasa atau produk tersebut sudah dibuat atau akan dibuat, dibutuhkan kegiatan pemasaran.  Marketing yaitu proses sosial dan material yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh kebutuhan dan keinginannya melalui pembuatan dan pertukaran produk dengan orang lain. Pengertian yang berkaitan dengan marketing diantaranya Value/nilai hasil yang diperoleh oleh konsumen dari produsen (jasa). Costumer Value yakni Penilaian yang dilakukan oleh konsumen terhadap produk yang dikeluarkan produsen. Penilaian konsumen sangat penting karena dapat mengukur sejauh mana produk atau jasa itu dapat memuaskan konsumen itu. Costumer Value mampu membayar lebih untuk  kepuasan berbeda dengan Customer Cost. Customer Cost hanya membayar sesuai kemampuan. Kepuasan pelanggan terletak pada performance yang diberikan produsen melebihi yang diharapkan konsumen ( nilai tambah ). Produk maupun jasa memiliki kelebihan-kelebihan yang menguntungkan konsumen yang dapat memberi nilai tambah. Production Consept yaitu filosofi yang menyatakan bahwa konsumen akan senang terhadap produk yang tersedia berada dimana saja (mudah dicari ). Produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen memiliki letak yang strategis sehingga memudahkan konsumen mendapatkannya dan dapat menghemat waktu maupun biaya konsumen itu sendiri. sebagai contoh, kegiatan usaha letaknya banyak di jalan raya dibandingkan jalan pemukiman karena dapat lebih mudah dijangkau konsumen.  Product consept menjelaskan pelanggan akan senang jika  produknya berkualitas, kinerjanya bagus dan tambahan variasi ( Feature ). Selling Consept konsumen apapun yang diinginkan dapat promosi. Marketing concept berbicara tentang kepuasan pelanggan. Menjelaskan apakah produk maupun jasa yang telah dipakai ini sudah memenuhi standar konsumen itu sendiri. The social marketing consept menjual mengenai kepekaan terhadap kehidupan sosial. Sebagai contoh pabrik diletakkan didaerah industry agar tidak mengganggu lingkungan sekitar dan penduduk didaerah tersebut. TQM ( Total Quality Management ) Tindakan untuk menemukan sesuatu keinginan demi orang lain. Transaksi penjualan diantara dua  pihak yang melibatkan dua hal seperti value place of agreement. Produsen harus mampu mencaritahu apa yang selalu diinginkan konsumen serta dituntut memberikan inovasi baru yang dapat menarik perhatian konsumen.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s